AYO ANAK MUDA UKIRLAH PRESTASIMU !!! KAMU PASTI BISA !!!

Senin, 22 Oktober 2012

SUMPAH PEMUDA

SUMPAH PEMUDA




Tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda di mana hari tersebut biasanya ditandai kirab remaja nasional, perlombaan olahraga, dan kegiatan seremonial lainnya.
Apakah hanya cukup sampai di situ kita memaknai Sumpah Pemuda? Hanya sebatas seremoni dan hiburan yang maknanya kadang tidak membekas di hati remaja? Lalu apa sih makna Sumpah Pemuda? Apakah hanya sekadar upacara di sekolah atau instansi pemerintah?
Sebagai seorang pemuda, sudah seharusnya kita memahami isi dari Sumpah Pemuda karena dengan begitu semangat yang ada pada pemuda terdahulu akan terasa kembali pada diri pemuda saat ini.
Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa kita. Dikatakan, yang perlu kita ketahui bahwa Sumpah Pemuda lahir karena adanya semangat dari pemuda di era 1928-an.
“Sumpah Pemuda mempunyai makna yang sangat mendalam bagi bangsa ini. Sumpah Pemuda berisi ikrar bersatunya dan disatukannya tunas-tunas bangsa oleh kesamaan tanah air, bangsa dan bahasa.
Nah, sebagai generasi penerus bangsa saat ini, harusnya kita bisa mengemban amanah seperti apa yang telah dikumandangkan para pendahulu. Jangan sampai makna-makna yang terkandung dalam Sumpah Pemuda itu hanya menjadi sampah bagi generasi bangsa dewasa ini.
Mungkin sebagian dari kita masih belum mengerti apa itu Sumpah Pemuda. Untuk itu, mari sejenak kita menengok ke belakang untuk memahami lebih mendalam mengenai sejarah Sumpah Pemuda itu sendiri.
Mungkin sebagian dari kita lupa bahwa tiap tanggal 28 Oktober kita peringati Hari Sumpah Pemuda dan mungkin juga sebagian sudah lupa akan bunyi Sumpah Pemuda tersebut. Biar bagaimanapun, Selamat Hari Sumpah Pemuda!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar